Kamis, 26 Mei 2011

JENIS SCANNER

  • Scanner
Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menterjemahkan teks, gambar, foto dan semacamnya kedalam bentuk digital. Gambar tessebut kemudian bisa diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan di alat penyimpan, atau dikirimkan ke computer lain.
Dot (titik) dan bitmap : Scsnner mirip dengan fotokopi, namun hasil ahir scanner adalah file elektronik bukan lembaran kertas. System bisa memindai setiap gambar berwarna atau gambar hitam putih dengan cahaya serta membagi gambar dalam baris dan kolom cahayadan titik gelap atau titik warna. Titik-titik tersebut tersimpan di memori computer sebagai kode digital yang disebut bitmap, kumpulan dot. Dot sendiri merupakan bagian terkecil dari gambar yang dapat diidentifikasikan, dan satu dot dinyatakan dalam satu atau lebih bit. Makin banyak bit dalam satu dot, semakin banyak gradasi abu-abu dan makin banyak pula warna yang dapat ditampilkan. Jumlah informasi yang disimpan dalam sebuah dot dinyatakan sebagai kedalaman warna (color depth) atau kedalaman bit (bit depth).
Resolusi : Resolusi menunjuk pada kejernihan dan ketajaman gambar serta diukur dalam satuan dot per inchi (dpi), jumlah kolom dan baris dot tiap inchi. Semakin besar jumlah dot, maka gambar pun akan semakin jelas dan tajam dan resolusinya makin tinggi.

Jenis Scanner :
salah satu jenis scanner yang sangat popular adalah scanner flatbed, atau scanner desktop, yang bekerja layaknya mesin fotokopi. Gambar yang akan dipindai diletakkan diatas permukaan kaca dan sinar pemindai bergerak menjangkau seluruh gambar. Jenis scanner lainnya adalah sheet-fed, genggam dan drum. Scanner satu fungsi juga telah tersedia, misalnya scanner untuk kartu bisnis, slide, dan foto. Ada pula pena scanner yang dapat memindai teks dari buku atau artikel.
Video Card
Video Card
  • Alat Baca Bar Code
Barcode adalah suatu kode yang membedakan antara barang satu dengan yang lain yang berbentuk gairs-garis vertical dengan panjang dan ketebalan garis yang berbeda-beda dan jarak antar garis yang juga berbeda.
Alat baca bar code atau bar code reader adalah scanner foto elektrik (optic) yang mampu menterjemahkan symbol-simbol di barcode dalam kode digital. Setelah bar code dipindai, barang akan diidentifikasi dan identitas barang itu akan dapat diketahui. Bar code dapat berbentuk 1 demensi, 2 dimensi maupun 3 dimensi.
  • Alat Pengenal Karakter / Pengenal Tanda
Ada 3 jenis alat pemindai yang dapat mengenali tanda atau karakter, yaitu MICR, OMR, dan OCR.
Magnetic-ink character recognition (MICR) : Merupakan suatu system pengenal karakter yang menggunakan tinta magnetic dan karakter khusus. Saat dokumen MICR hendak dibaca, dokumen dilewatkan di sebuah scanner khusus yang memberi medan magnet ke tinta lalu menterjemahkan informasi magnetik kedalam bentuk karakter. MICR dapat memindai dan memproses informasi dengan aman dan cepat, dan bianyak digunakan di bank-bank.
Optical Mark Recognition (OMR) : OMR menggunakan scanner khusus yang bisa membaca tanda “bulatan” dan mengubahnya dalam bentuk yang bisa dipakai computer. Contohnya adalah teknologi OMR yang dipakai untuk membaca lembar jawaban siswa.
Optical Character Recognition (OCR) : Perangkat lunak OCR mengubah teks yang dipindai dari bentuk gambarnya (gambar teks tersebut) ke dalam format teks yang dapat di edit (biasanya ASCII) sehingga bisa diimpor dan diubah-ubah di aplikasi pengolah kata. Akurasi OCR tergantung pada kualitas scanner.
  • Mesin Fax
Mesin fax atau mesin transmisi faximile dapat memindai gambar dan mengirimkannya sebagai sinyal elektronik melalui kabel telephone ke mesin fax penerima yang kemudian bisa dicetak dikertas. Ada 2 macam mesin fax :

Mesin khusus fax :
merupakan alat khusus yang tidak mengerjakanapapun kecuali hanya menerima dan mengirim dokumen fax.

Modem fax :
modem fax diinstal sebagai kartu sirkuit khusus di computer. Kartu ini merupakan modem sekaligus fax, sehingga dapat mengirim sinyal langsung dari computer ke mesin fax atau modem fax orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar